Kamis, 27 Juni 2013



Sejarah Berdirinya Yayasan Pendidikan Ponpes Miftahul Ishlah Tembelok - Mandalika - Sandubaya - Kota Mataram NTB
A.    Sejarah Berdirinya :
Yayasan Pendidikan Pondok Pesantern Miftahul Ishlah Tembelok adalah merupakan lembaga pendidikan agama yang menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran formal dan non formal. Keberadaan Yayasan tersebut adalah bermula dari sebuah sarana belajar yang sangat sederhana yang disebut SANTREN, dan kemudian menjadi PESANTREN, setelah banyak digunakan sebagai tempat/sarana belajar dan majlis ta’lim
Yayasan ini mulai dirintis pada tahun 1969, dengan perintis utamanya adalah TGH. Izzudin Bokhari bersama saudaranya TGH. Islahuddin Bokhari, kedua printis ini adalah merupakan alumni dari Yayasan Ponpes Darul Quran Bengkel, yang dibina oleh TGH. Saleh Hambali (Alm).
Setelah pada tahun 1971 atas dukungan dana swadaya murni masyarakat barulah dibangun sarana belajar yaitu madrasah, diatas tanah seluas 10 are dengan ruang belajar sebanyak 5 lokal yang dilengkapi ruang guru 1 lokal, madrasah ini mulai dibuka dan diresmikan pada tanggal 1 Juli 1973, dengan nama Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Miftahul Ishlah (YAFLAH) yang artinya kunci kebaikan atau kunci pembangunan. Bangunan tersebut sampai saat ini masih berdiri dan masih digunakan sebagi sarana belajar bagi para santri/murid YAFLAH
Keberadaan YAFLAH sebagai suatu lembaga edukatif, khusunya dalam membina masyarakat yang religius semula hanya memiliki jenjang pendidikan Madrasah Ibtidaiyah atau Sekolah Dasar, namun sejak tahun 1988/1989 YAFLAH membuka jenjang pendidikan yang lebih tinggi yakni jenjang pendidikan Madrasah Tsanawiyah/SMP. Disamping itu guna memudahkan pembinaan murid atau santri, pada tahun 1987 telah dibangun asrama pondok bagi bagi para santir/murid sebanyak 17 lokal yang berkapasitas 100 orang santri, jumlah santri terus mengalami pertambahan menjadi 152 sehingga jumlah local yang tersedia tidak mampu menampung jumlah santri yang terus bertambah tersebut.
B.     Keadaan murid/santri
YAFLAH membawahi beberapa lembaga. Yayasan ini semula hanya memiliki 40 murid/santri, 5 tenaga pengajar, namun keadaan tersebut tiap tahunnya mengalami peningkatan, sehingga pada tahun 1990/1991 jumlaj murid/santri sebanyak 495 orang yang disertai dengan tenaga pengajar sebanyak 41 oang.
C.    Sistem pengajaran
Didalam menyelengarakan pendidikan dan pengajaran YAFLAH menggunakan system formal dan non formal. Kedua system yang digunakan sangat menunjang keberhasilan dari suatu lembaga pendidikan yang berbentuk Pondok Pesantren seperti ini. Oleh karena itu kedua system ini tidak bias dipisahkan, kedua system ini harus sejalan sehingga tujuan pendidikan dan pengajaran bisa tercapai.
System non formal yang dimaksud disini adalah system khalakah atau yang dikenal juga dengan istilah sorogan, yaitu para santri belajar dengan duduk secara berasama-sama disekeliling guru sambil menyimak dan mencatat apa yang disampaikan oleh guru. Materi yang diberikan bertandar kepada kitab-kitab arab yang terfokuskan pada pemahaman kitab kuning dan keagamaan serta ditambah dengan latihan mental yang berbentuk latihan berpidato. Sedang system formal yang dimaksud adalah system klasikal dan berstandar pada kurikulum tertentu, system formal ini diterpkan di madrasah/sekolah.
D.    Sumber Dana
Dana/keuangan adalah merupakan kendala yang belum bias terpecahkan pada masa-masa awal berdirinya YAFLAH. Yayasan tersebut hanya mengandalkan satu sumber dana yaitu dari pembayaran uang SPP yang hanya dipungut disekolah. Sedangkan iuran untuk asrama dipondok tidak diadakan, dalam pemungutan SPP ini ada dua klasifikasi yaitu Rp. 500 untuk tingkat Ibtidaiyah dan Rp. 1000 untuk tingkat Tsanawiyah
Pada tanggal 17 Juli 1988 Yaflah membentuk koperasi dengan nama “Koperasi Miftahul Ishlah”, koperasi tersebut dikelola petugas khusus yang ditugaskan oleh Yayasan, koperasi ini menyediakan/menjual barang-barang kebutuhan belajar murid/santri seperti:
Ø  Kitab-kitab yang diajarkan/dibahas Asrama
Ø  Buku-buku paket untuk tingakat Tsanawiyah
Ø  Alat tulis serta alat belajar mengajar yang lain
E.     Majelis Ta’lim
Selain menyelenggarakan pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Tsanawiyah YAFLAH juga mengadakan pengajian umum (majelis ta’lim).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar